Cara Ubah Url Wp-login pada CMS WordPress

Posted on

Bagi kalian yang sering menggunakan cms wordpress (setelah ini kita sebut pakai wp) pasti sudah tak asing lagi sama url wp-admin.php atau wp-login.php. kedua url tersebut pasti kita gunakan untuk akses utama untuk masuk ke admin panel, dimana didalamnya nanti untuk buat artikel, install plugin, edit theme, menjawab komen postingan dll. Kalau akses itu bisa jebol maka sama saja kita ngasih blog kita ke orang lain. hahaha

Secara default url halaman login wordpress ada dihttp://namadomain.com/wp-admin atau bisa juga diakses melalui http://namadomain.com/wp-login. Untuk meningkatkan keamanan website kita dari serangan bruteforce (serangan percobaan membobol keamanan website dengan menebak pasword dan username kita) dan cara hacking lainnya maka lebih baik dari awal kita ubah url default login website kita dengan pakai cara berikut.

Cara Ubah url Wp-login.php pada WordPress Melalui Cpanel

pertama langsung saja masuk ke halama cpanel kalian lalu double click file manager-> public html lalu didalam folder tersebut cari file wp-login.php.

klik file manager

Lalu setelah itu kalian rename file wp-login.php tersebut dan ubah dengan nama lainnya yang susah ditebak oleh orang lain, misalnya kita contohkan pada kasus ini kita ubah myauth. Ingat !!! jangan hapus .php dibelakang nama file.

Contoh kasus kita rename jadi myauth, nama bisa ganti bebas.

Setelah itu kalian klik kanan file myauth.php tersebut dan klik pilihan edit dan setelah masuk dalam filenya kita ubah dan ganti teks wp-login menjadi myauth. Ingat !!! jangan sampai file ekstensi .php juga ikutan dihapus ya. Jumlah kata wp-login pada file ini ada 13 kata. Dan jangan lupa untuk disimpan setelah di replace.


Cara cepat find & replace bisa tekan ctrl + F

biar cepet gitu, daripada nyari satu-satu
Ctrl + F aja

Lanjut langkah selanjutnya kalian pilih folder wp include->general-template.php. Setelah itu seperti langkah tadi, kalian edit file tersebut dan cari nama wp-login dan ubah menjadi myauth. Total semuanya ada 5 kata. Namun untuk kata ke-2 tidak usah direname, kita hapus saja.

Berikut contoh kata ke-2 yang tidak usah direname, namun kita hapus saja dan dikosongi. Itu tujuannya agar saat kita masuk melalui url http://namadomain.com/wp-admin kita tidak akan di-redirect ke halaman login kita yang baru saja kita ubah.

Jadi pada file general-template.php yang kita rubah hanya ada 4 kata saja dan 1 kata kita hapus. Setelah itu kita simpan file tersebut lalu close. Dan coba akses login page kalian menggunakan http://namadomain.com/myauth.php. Tarraaa…

oh iya, kalau memang tidak bisa coba kalian clear cache terlebih dahulu browser kalian atau kalian bisa masuk ke menu private browser untuk mencobanya. Kalau belum paham juga kalian bisa simak video tutorialnya dibawah ini

Gravatar Image
Aku ? yagitu dong, ya dong..

One thought on “Cara Ubah Url Wp-login pada CMS WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *